OJK Dorong Penguatan Tata Kelola Yang Baik Dan Ekosistem Laporan Keuangan IJK Yang Berkualitas Dan Berintegritas

Ilhamsyah

- Penulis

Minggu, 20 November 2022 - 20:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

 

Jakarta,MA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator di sektor jasa keuangan terus menekankan pentingnya praktik good governance serta pelaporan keuangan yang berintegritas di Industri Jasa Keuangan (IJK) dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional,Sabtu 19/11/2022

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Audit OJK Sophia Wattimena dalam pertemuan dengan perwakilan lembaga profesi dan asosiasi terkait Governance,Risk,and Compliance (GRC) di Jakarta,Selasa (15/11)

Dalam pertemuan tersebut,Ketua Dewan Audit OJK,Sophia Wattimena menyampaikan bahwa dalam rangka menumbuhkan sektor jasa keuangan (SJK)harus terdapat penguatan pada seluruh lini pertahanan.

BACA JUGA  Diduga Perkebunan PT.PMB langgar Kepres dan Peraturan Pemerintah

Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) sebagai 1st line akan diperkuat dengan rencana kewajiban sertifikasi Chartered Accountant (CA) bagi preparer Laporan Keuangan.

Sedangkan bagi lembaga profesi dan penunjang SJK,saat ini OJK sedang menyusun ketentuan terkait Akuntan Publik/Kantor Akuntan Publik (AP/KAP) untuk meningkatkan independensi dan mekanisme koordinasi dalam rangka pengawasan IJK dengan OJK.

Pertemuan juga membahas terkait rencana penerapan PSAK 74 di industri asuransi,yang harus menjadi perhatian bagi para asosiasi, profesi penunjang,dan PUJK terkait.

Selain itu,dalam pertemuan tersebut juga membicarakan mengenai perlunya peningkatan kompetensi dan tools bagi praktisi tata kelola untuk memitigasi cyber-attack risk yang semakin meningkat. Penerapan IT Governance juga dianggap akan sangat penting dalam menunjang kualitas outcome di SJK serta mencegah terjadinya fraud. Adanya penerapan tata kelola yang baik ini juga perlu didukung dengan keselarasan pengaturan di sektor jasa keuangan.

BACA JUGA  Wakapolres Sarolangun Hadiri Rapat Koordinasi Sentra Penegakkan Hukum Terpadu

Pertemuan tersebut dihadiri oleh berbagai asosiasi profesi antara lain Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG)Ikatan Komite Audit Indonesia (IKAI)Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD)Association of Certified Fraud Examiners (ACFE)Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI)Information Systems Audit and Control Association (ISACA) Indonesia,Indonesian Risk Management Professionals Association (IRMAPA)Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG)The Institute of Internal Auditors Indonesia (IIA), Bank Risk Association Management (BaRA), Ikatan Auditor Internal Bank (IAIB)Forum Komunikasi Direktur Kepatuhan Perbankan (FKDKP)Forum Komunikasi Satuan Pengawas Intern (FKSPI)dan Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM)

BACA JUGA  Kades pulau Pauh Perduli Dengan Warga Dan Menyalurkan Bantuan Beras Program pusat Ke Pemerintahan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Ke Desa.Rabu 12-04-2023

Ke depan,kolaborasi OJK dengan asosiasi ini akan semakin ditingkatkan dengan merangkul seluruh asosiasi dan lembaga profesi terkait GRC untuk melakukan pembahasan dengan fokus kepada penguatan ekosistem pelaporan keuangan serta peningkatan kualitas implementasi tata kelola yang baik di Indonesia, khususnya di sektor jasa keuangan

 

(Susi Lawati)

Berita Terkait

Provinsi Jambi Salurkan Bantuan Pangan dari Pemerintah Pusat, Gubernur Al Haris : Ini Membantu Masyarakat
*Kodim 0415/Jambi aktif Pantau Wilayah dan Pemukiman Rawan Banjir.*
Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono memimpin apel pagi personel pada hari pertama kerja di lapangan apel Mapolda Jambi Senin, 26 April 2023
Gerbek Sebuah Gubuk, Satu Wanita Muda Ditangkap Polisi, BB nya Lumayan Banyak
Gubernur Jambi Lantik 54 Pejabat Eselon III,
Gubernur Jambi Bersama Ketua Kormi Provinsi Jambi Memberikan Bonus Kepada Peraih Medali Di Fornas IV 2021 Sumatera Selatan 2022
Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono bersama Wakil Gubernur Jambi Drs H Abdullah Sani, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Kasrem 042 Gapu dan unsur Forkompimda menyambangi beberapa Gereja pada perayaan Malam Misa Natal, Sabtu malam (24/12/22).
Wakapolres Sarolangun Hadiri Rapat Koordinasi Sentra Penegakkan Hukum Terpadu
Berita ini 11 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:50 WIB

Suasana Penuh Makna Kalapas Kelas IIB Muara Bulian Bersama Warga Binaan Di Hari Raya Idul Adha 1445 H

Minggu, 16 Juni 2024 - 16:45 WIB

Pelaku Pembunuhan Terhadap Gadis Cantik Di Kosan Sinar Berkah Berhasil Ditangkap.

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:14 WIB

Angkasa Pura II Peduli Bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Bandara STS  

Jumat, 14 Juni 2024 - 09:36 WIB

Dihari Pertama, Satgas Tindak Ops Jaran Berhasil Ungkap Kasus Tindak Pidana Penggelapan

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:53 WIB

Danrem 042/Gapu : Baksos wujud kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:45 WIB

Seorang Petani Menjadi Kurir Dengan Barang Bukti 2 Kg Sabu Ditangkap Tim Bid Brantas BNNP Jambi Di Kabupaten Bungo

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:11 WIB

Diduga RAB Pembangunan Desa Pulau Pauh Mark Up Sisa Anggaran Perlu Dipertanyakan

Jumat, 14 Juni 2024 - 05:37 WIB

Diduga Pemdes Muara Danau Kangkangi UU no 14 tahun 2008 dan UU no 6 tahun 2014

Berita Terbaru