GEOPARK MERANGIN JAMBI RESMI MASUK UGG UNESCO: BUAH MANIS PERJUANGAN GIGIH AL HARIS UNTUK JAMBI

Ilhamsyah

- Penulis

Kamis, 25 Mei 2023 - 18:45 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta,MA- (Diskominfo Provinsi Jambi) – GEOPARK Merangin resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global GEOPARK (UGG) atau warisan dunia dalam sidang tahunan UNESCO di Paris Prancis pada Hari Rabu (24/05/2023) kemarin.

Terdapat 18 GEOPARK baru yang ditetapkan sebagai UNESCO Global GEOPARK di dunia dan 4 diantaranya adalah GEOPARK yang berada di Indonesia yaitu GEOPARK Ijen, GEOPARK Maros Pangkep, GEOPARK Raja Ampat dan Geopark Merangin.
Setelah ditetapkannya pada 1 Maret 2023, Geopark Merangin ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Pemerintah Provinsi Jambi berupaya maksimal untuk melakukan pembenahan tata kelola Geopark Merangin, baik penataan dilapangan maupun pembenahan dari sisi dokumen supaya Geopark Merangin memperoleh sertifikat pengakuan UGG.
Terlihat dari keinginan yang sangat kuat dan disertai dengan perjuangan yang gigih, Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H. terus berupaya memperjuangkan Geopark Merangin untuk memperoleh pengakuan dari UNESCO. Berkat dari keinginan yang sangat kuat serta perjuangan yang gigih dari orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut akhirnya hal ini berbuah manis, yaitu dengan ditetapkannya Geopark Merangin menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) pada Hari Rabu tanggal 24 Mei 2023 kemarin. Hal ini sangat menguntungkan, bukan hanya Kabupaten Merangin tetapi Bagi Provinsi Jambi.
“Alhamdulillah kemarin sore telah ditetapkan oleh UNESCO Global Geopark bahwa Geopark Merangin termasuk salah satu yang diputuskan oleh UNESCO menjadi UNESCO Global Geopark atau Geopark dunia. Dan ini adalah suatu kehormatan bagi Provinsi Jambi dan dinilai oleh UNESCO sebagai daerah yang punya kekhususan, dimana Geopark kita itu adalah taman bumi yang didalamnya ada patahan-patahan fosil yang usianya 300 juta tahun,” ujar Gubernur Al Haris usai melaksanakan Rapat Koordinasi Promosi Unggulan dan Pelestarian Seni Budaya se-Provinsi Jambi di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Kamis (25/03/2023).
“Oleh karena itu, Kami dari Pemprov Jambi akan mencoba untuk men-desaign dan mengemas dengan baik sehingga nanti tidak hanya menjadi sejarah UNESCO, tetapi juga menjadi sejarah bangsa Indonesia bahwa salah satu Geopark Dunia terdapat di Provinsi Jambi yaitu Geopark Merangin,” lanjut Gubernur Al Haris.

BACA JUGA  Pimpin Sertijab Irwasum, Kapolri Gelorakan Tingkatkan Kepercayaan Publik

Gubernur Al Haris mengungkapkan, Geopark Merangin yang memiliki potensi ekonomi sektor wisata berbasis alam (nature) dan budaya (culture) tersebut harus dikelola dengan sebaik-baiknya agar mendatangkan manfaat besar bagi Provinsi Jambi, terutama membangkitkan ekonomi kreatif disekitar Kawasan Geopark Merangin.

“Saya menghimbau warga Jambi untuk menjaga ini semua terutama yang berada dilingkungan Geopark itu sendiri, karena Geopark itu tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat yang ada disekitar Geopark tersebut,” kata Gubernur Al Haris.
Gubernur Al Haris menuturkan, upaya pelestarian dan penataan Kawasan Geopark Merangin yang dilakukan oleh Provinsi Jambi bekerja sama dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten Merangin, Badan Pengelola Geopark Nasional Merangin Jambi, akademisi, komunitas, masyarakat, media dan semua pihak terkait meliputi : a)Penyusunan masterplan Geopark, b)Dukungan Kebijakan Daerah untuk perlindungan dan perawatan, c)Pembangunan infrastruktur termasuk pengembangan infrastruktur visibilitas, d)Edukasi pelestarian lingkungan, e)Pemberdayaan masyarakat, f)Promosi situs alam dan budaya, g)Pengembangan geowisata, h)Pengembangan jejaring dan kemitraan dukungan stakeholder termasuk dengan Global Geopark Network, i)Pengembangan penelitian dan edukasi, j)Pembentukan youth forum (forum pemuda), dan k)Pengembangan ekonomi lokal terdiri dari pengembangan geo produk, pengembangan kemitraan dengan pelaku usaha lokal, serta peningkatan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat untuk geowisata dan agrowisata.(red ilham)

BACA JUGA  2024 Wartawan Fast Respon Di Bekali Drone, Bantuan Dari Negara, Awasi Tambang Ilegal dan Pengeboran Minyak

 

 

 

Berita Terkait

DIRPOLAIRUD POLDA JAMBI IKUTI RAKERNIS POLAIRUD BAHARKAM POLRI TAHUN 2024.
Polri Tegaskan Informasi Ketidaknetralan Kapolri di Pemilu 2024 Hoax
Polri Imbau Masyarakat Tetap Jaga Persatuan dan Kesatuan Jelang Pencoblosan Pemilu 2024
*Kasad : Laporkan ke Kami Jika Ada Indikasi Ketidaknetralan Prajurit*
Ditreskrimsus Polda Kepri Berhasil Amankan 2 Orang Tersangka Kasus Tindak Pidana Penambangan Pasir Ilegal.
Terima Penghargaan R. Soeprapto Award Tahun 2024, Gubernur Al Haris Ajak Seluruh Kepala Daerah Tetap Solid dan Berkontribusi untuk Kejaksaan
2024 Wartawan Fast Respon Di Bekali Drone, Bantuan Dari Negara, Awasi Tambang Ilegal dan Pengeboran Minyak
*Presiden Jokowi: Perkuat Sistem Pencegahan Korupsi Berbasis Teknologi di Tanah Air*
Berita ini 14 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:11 WIB

Wagub Sani: Rakortek Dapat Percepat Terwujudnya Kota Layak Anak di Provinsi Jambi

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:01 WIB

Jaksa Beri Materi Anti Korupsi pada Balai Jalan Nasional Jambi

Selasa, 20 Februari 2024 - 17:35 WIB

Gerak Cepat Kodim 0415/Jambi Bantu Warga Korban Banjir

Senin, 19 Februari 2024 - 15:28 WIB

Wagub Sani: Pemprov Targetkan Angka Stunting Turun Sebesar 12 persen di Tahun 2024

Sabtu, 17 Februari 2024 - 19:01 WIB

Pastikan Logistik Pemilu 2024 Aman, Kapolresta Jambi kembali Cek Gudang PPK tiap Kecamatan.

Sabtu, 17 Februari 2024 - 18:55 WIB

*MENGIKUTI KEGIATAN ORIENTASI, 10 PERSONEL REMAJA POLAIRUD MEMPELAJARI TENTANG TUGAS POKOK POLISI PERAIRAN DAN UDARA*

Jumat, 16 Februari 2024 - 15:55 WIB

Kapolda Jambi Terima Kunjungan Silaturahmi Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jambi

Jumat, 9 Februari 2024 - 19:25 WIB

Kapolda Jambi dan Kapolresta dan Kapolres Jajaran Ucapkan Selamat Hari Pers Nasional ” Kawal Transisi Kepemimpinan Nasional Dan Menjaga Keutuhan Bangsa”.

Berita Terbaru

Jambi

Gerak Cepat Kodim 0415/Jambi Bantu Warga Korban Banjir

Selasa, 20 Feb 2024 - 17:35 WIB