GEOPARK MERANGIN JAMBI RESMI MASUK UGG UNESCO: BUAH MANIS PERJUANGAN GIGIH AL HARIS UNTUK JAMBI

Ilhamsyah

- Penulis

Kamis, 25 Mei 2023 - 18:45 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta,MA- (Diskominfo Provinsi Jambi) – GEOPARK Merangin resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global GEOPARK (UGG) atau warisan dunia dalam sidang tahunan UNESCO di Paris Prancis pada Hari Rabu (24/05/2023) kemarin.

Terdapat 18 GEOPARK baru yang ditetapkan sebagai UNESCO Global GEOPARK di dunia dan 4 diantaranya adalah GEOPARK yang berada di Indonesia yaitu GEOPARK Ijen, GEOPARK Maros Pangkep, GEOPARK Raja Ampat dan Geopark Merangin.
Setelah ditetapkannya pada 1 Maret 2023, Geopark Merangin ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Pemerintah Provinsi Jambi berupaya maksimal untuk melakukan pembenahan tata kelola Geopark Merangin, baik penataan dilapangan maupun pembenahan dari sisi dokumen supaya Geopark Merangin memperoleh sertifikat pengakuan UGG.
Terlihat dari keinginan yang sangat kuat dan disertai dengan perjuangan yang gigih, Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H. terus berupaya memperjuangkan Geopark Merangin untuk memperoleh pengakuan dari UNESCO. Berkat dari keinginan yang sangat kuat serta perjuangan yang gigih dari orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut akhirnya hal ini berbuah manis, yaitu dengan ditetapkannya Geopark Merangin menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) pada Hari Rabu tanggal 24 Mei 2023 kemarin. Hal ini sangat menguntungkan, bukan hanya Kabupaten Merangin tetapi Bagi Provinsi Jambi.
“Alhamdulillah kemarin sore telah ditetapkan oleh UNESCO Global Geopark bahwa Geopark Merangin termasuk salah satu yang diputuskan oleh UNESCO menjadi UNESCO Global Geopark atau Geopark dunia. Dan ini adalah suatu kehormatan bagi Provinsi Jambi dan dinilai oleh UNESCO sebagai daerah yang punya kekhususan, dimana Geopark kita itu adalah taman bumi yang didalamnya ada patahan-patahan fosil yang usianya 300 juta tahun,” ujar Gubernur Al Haris usai melaksanakan Rapat Koordinasi Promosi Unggulan dan Pelestarian Seni Budaya se-Provinsi Jambi di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Kamis (25/03/2023).
“Oleh karena itu, Kami dari Pemprov Jambi akan mencoba untuk men-desaign dan mengemas dengan baik sehingga nanti tidak hanya menjadi sejarah UNESCO, tetapi juga menjadi sejarah bangsa Indonesia bahwa salah satu Geopark Dunia terdapat di Provinsi Jambi yaitu Geopark Merangin,” lanjut Gubernur Al Haris.

BACA JUGA  Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono silaturahmi bersama Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia Prof. Seto Mulyadi

Gubernur Al Haris mengungkapkan, Geopark Merangin yang memiliki potensi ekonomi sektor wisata berbasis alam (nature) dan budaya (culture) tersebut harus dikelola dengan sebaik-baiknya agar mendatangkan manfaat besar bagi Provinsi Jambi, terutama membangkitkan ekonomi kreatif disekitar Kawasan Geopark Merangin.

“Saya menghimbau warga Jambi untuk menjaga ini semua terutama yang berada dilingkungan Geopark itu sendiri, karena Geopark itu tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat yang ada disekitar Geopark tersebut,” kata Gubernur Al Haris.
Gubernur Al Haris menuturkan, upaya pelestarian dan penataan Kawasan Geopark Merangin yang dilakukan oleh Provinsi Jambi bekerja sama dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten Merangin, Badan Pengelola Geopark Nasional Merangin Jambi, akademisi, komunitas, masyarakat, media dan semua pihak terkait meliputi : a)Penyusunan masterplan Geopark, b)Dukungan Kebijakan Daerah untuk perlindungan dan perawatan, c)Pembangunan infrastruktur termasuk pengembangan infrastruktur visibilitas, d)Edukasi pelestarian lingkungan, e)Pemberdayaan masyarakat, f)Promosi situs alam dan budaya, g)Pengembangan geowisata, h)Pengembangan jejaring dan kemitraan dukungan stakeholder termasuk dengan Global Geopark Network, i)Pengembangan penelitian dan edukasi, j)Pembentukan youth forum (forum pemuda), dan k)Pengembangan ekonomi lokal terdiri dari pengembangan geo produk, pengembangan kemitraan dengan pelaku usaha lokal, serta peningkatan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat untuk geowisata dan agrowisata.(red ilham)

BACA JUGA  Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono terima silaturahmi Manager PT. PLN (Persero) UID S2JB UP3 Jambi

 

 

 

Berita Terkait

Polri Kirimkan 7 Polwan Jadi Petugas Pelayanan Ibadah Haji, Ini Tugasnya
Raden Mas Agus Rugiarto SH.MH Dorong Kerjasama Polri Tangani Judi Online
Bareskrim Polri Tangkap Lagi Caleg Terpilih DPRD Aceh Kasus Narkoba 70 Kg
Polri Amankan Opening Ceremony WWF Ke-10 di Bali Hari Ini
Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri
Bapak Presiden RI Joko Widodo menerima delegasi Microsoft di Istana Merdeka
Bersama Para Buruh, Putra Ketum PWDPI Ikut Unjuk Rasa Tuntut Cabut UU Cipta Kerja
Dugaan Korupsi Islamic Center senilai 149 M : KPK RI Tindak lanjuti Laporan LSM Mappan
Berita ini 15 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:50 WIB

Suasana Penuh Makna Kalapas Kelas IIB Muara Bulian Bersama Warga Binaan Di Hari Raya Idul Adha 1445 H

Minggu, 16 Juni 2024 - 16:45 WIB

Pelaku Pembunuhan Terhadap Gadis Cantik Di Kosan Sinar Berkah Berhasil Ditangkap.

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:14 WIB

Angkasa Pura II Peduli Bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Bandara STS  

Jumat, 14 Juni 2024 - 09:36 WIB

Dihari Pertama, Satgas Tindak Ops Jaran Berhasil Ungkap Kasus Tindak Pidana Penggelapan

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:53 WIB

Danrem 042/Gapu : Baksos wujud kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:45 WIB

Seorang Petani Menjadi Kurir Dengan Barang Bukti 2 Kg Sabu Ditangkap Tim Bid Brantas BNNP Jambi Di Kabupaten Bungo

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:11 WIB

Diduga RAB Pembangunan Desa Pulau Pauh Mark Up Sisa Anggaran Perlu Dipertanyakan

Jumat, 14 Juni 2024 - 05:37 WIB

Diduga Pemdes Muara Danau Kangkangi UU no 14 tahun 2008 dan UU no 6 tahun 2014

Berita Terbaru