SEKDA SUDIRMAN APRESIASI UPAYA FPSTI LESTARIKAN BUDAYA PENCAK SILAT

Ilhamsyah

- Penulis

Sabtu, 27 Mei 2023 - 12:47 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jambi,MA- (Diskominfo Provinsi Jambi) – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H. Sudirman menyampaikan apresiasi kepada Federasi Pencak Silat Tradisional Indoneisa (FPSTI) Provinsi Jambi dalam melestarikan budaya pencak silat dan berjalan sesuai dengan visi serta misi pemerintah dalam melestarikan budaya dan nilai tradisi bangsa Indonesia. Hal ini disampaikan Sekda Sudirman saat menghadiri Pengukuhan Pengurus Daerah Federasi Pencak Silat Tradisional Indonesia Provinsi Jambi, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (26/05/2023).

“Saya mengapresiasi atas upaya yang dilakukan FPSTI untuk melestarikan pencak silat di Provinsi Jambi dan berjalan sesuai visi misi pemerintah dalam melestarikan budaya dan nilai tradisi bangsa Indonesia,” ujar Sekda Sudirman.

BACA JUGA  Kadiv Humas Terima Kunjungan Taruna Akpol Angkatan 56

Dalam kesempatan tersebut Sekda Sudirman juga memberikan penjelasan mengenai muatan lokal yang telah digagas oleh Dinas Pendidikan dan Departemen Agama kedalam pendidikan sekolah dasar mengenai pengenalan nilai-nilai budaya bangsa sampai muatan lokal untuk anak-anak tingkat SMA dan SMK agar mereka timbul rasa untuk dalam melestarikan nilai-nilai budaya tersebut. “Terkait muatan lokal, sudah digagas oleh Dinas Pendidikan dan ini melibatkan dua kementerian sekaligus. Harus kita dukung bahwa nilai-nilai budaya itu harus disusun pada tahap awal. Kalau ditingkat SMA dan SMK itu mereka sudah masuk tanggung jawab provinsi, dan tidak menjadi keliru jika dimuat di mereka,” kata Sekda Sudirman.

Sementara itu, Ketua Umum FPSTI Provinsi Jambi Imron Rosyadi mengatakan, pencak silat ini memang kurang digemari oleh generasi muda, kedepannya inilah yang harus dikejar dan harus menjadi perkerjaan rumah FPSTI Provinsi Jambi  untuk melestarikannya, bahkan banyak juga aliran-aliran dari pencak silat ini yang sudah hilang di bumi Sepucuk Sembilan lurah. “Untuk menginventaris aliran pencak silat yang penerusnya sudah hilang akan kita munculkan kembali, dan pada akhirnya nanti menjadi bagian dari IPSI lalu kita godok di federasi, kemudian mereka akan mengikuti kejuaraan-kejuaraan dan meningkatkan prestasinya di IPSI. Dan alhamdulillah, saat ini sudah banyak pencak silat tradisional yang sudah masuk di IPSI dan memiliki prestasi di tingkat nasional,” ucap Imron.

BACA JUGA  Gedung WTC Masuk DAS Batanghari

Imron Rosyadi juga menyampaikan bahwa kondisi generasi muda yang kurang menggemari pencak silat, sehingga dibentuklah upaya pelestarian budaya pencak silat melalui federasi dan Pemerintah Provinsi Jambi yang akan berperan dalam melahirkan para atlet untuk mengikuti berbagai ajang kejuaraan pencak silat dan membuat prestasi untuk pencak silat di Provinsi Jambi. (Red Ilham)

Berita Terkait

Wagub Sani : Pramuka Miliki Peran yang Sangat Strategis
Ketua DPD LSM LIPPAN DPK Bungo Sampaikan Ucapan Selamat Ulang Tahun ke-9 kepada GANN
Nilwan Yahya SE  Mohon Doa Dan Dukungan Untuk Maju Pilkada Kabupaten Merangin
Menyambut Hari Bhayangkara ke-78, Pejabat Utama Polda Jambi lakukan Anjangsana
Dandim 0415/Jambi Sambut Kunjungan Kerja Pangdam II/Sriwijaya
Polda Jambi dan Korem 042/Garuda Putih melaksanakan olahraga bersama dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024
Polresta Jambi Raih Juara 1 Kejuaraan Tenis Meja 2024 Kapolda CUP.
Peringatan Hari Bhayangkar ke 78, Polsek Kota Baru Serahkan Beasiswa kepada Dua Siswa SMA
Berita ini 3 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 22 Juni 2024 - 11:27 WIB

Wagub Sani : Pramuka Miliki Peran yang Sangat Strategis

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:44 WIB

Menyambut Hari Bhayangkara ke-78, Pejabat Utama Polda Jambi lakukan Anjangsana

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:22 WIB

Dandim 0415/Jambi Sambut Kunjungan Kerja Pangdam II/Sriwijaya

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:59 WIB

Polresta Jambi Raih Juara 1 Kejuaraan Tenis Meja 2024 Kapolda CUP.

Jumat, 21 Juni 2024 - 07:27 WIB

Peringatan Hari Bhayangkar ke 78, Polsek Kota Baru Serahkan Beasiswa kepada Dua Siswa SMA

Kamis, 20 Juni 2024 - 13:23 WIB

Adanya Aduan Masyarakat Tim Patroli Serigala Kota Jambi Berhasil Mengamankan Gank Motor Yang sedang Beraksi Merampas Motor Masyarakat

Kamis, 20 Juni 2024 - 05:56 WIB

Semarak Idul Adha di Kodim 0415/Jambi: Momentum Kebersamaan dan Pengorbanan.

Rabu, 19 Juni 2024 - 17:03 WIB

Gubernur Al Haris: Pengukuhan Kades Muaro Jambi Ke-2 se-Indonesia Setelah Bogor

Berita Terbaru