Kalapas Kuala Tungkal Raih Dua Penghargaan Dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator 2023

Ilhamsyah

- Penulis

Selasa, 21 November 2023 - 20:27 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tanjabbar,MA – Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang selanjutnya disingkat PKA adalah pelatihan struktural kepemimpinan administrator sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah yang mengatur mengenai manajemen pegawai negeri sipil, yang bertujuan untuk mengembangkan Kompetensi Peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi manajerial Jabatan Administrator.

Pelatihan ini digelar oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang berpusat di Makkasar. PKA ini berlangsung kurang lebih selama 4 bulan, dari Juli sampai November.

Pelatihan ini diikuti oleh pegawai negeri sipil dari berbagai instansi, tak terkecuali Kalapas Kuala Tungkal I Gusti Lanang Agus Cahyana Putra.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam pelatihan ini, peserta akan mengusung gagasan kreatif yang menjadi aksi perubahan mereka dalam mengatasi masalah yang ada di instansi masing-masing.

I Gusti Lanang mengangkat aksi perubahan “Gita Gadis Sewarna”. Gita Gadis Sewarna merupakan akronim untuk Digitalisasi Rekam Medis Kesehatan Warga Binaan.

BACA JUGA  AL HARIS KONSISTEN BANTU MASYARAKAT MAKMURKAN MASJID

I Gusti menyadari bahwa rekam medis kesehatan warga binaan di Klinik Pratama Lapas Kuala Tungkal masih memakai kertas atau ditulis tangan langsung oleh dokter.

Hal ini menyebabkan lambatnya proses layanan kesehatan yang diberikan sebab harus mencari satu-satu catatan rekam medis secara manual dan juga membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk menulis.

Oleh karena itu, I Gusti Lanang mengusung gagasan kreatifnya yaitu dengan mendigitalisasi rekam medis tersebut. Hal inilah yang yang disempurnakan menjadi sebuah aplikasi yang diberi nama Gita Gadis Sewarna. Aplikasi ini sangat simple dan mobile, karena tidak hanya bisa diakses lewat web namun juga bisa diunduh di android melalui google play store.

Dimana sebelumnya catatan rekam medis dilakukan secara manual di kertas, sekarang sudah berubah menjadi digital dalam aplikasi Gita Gadis Sewarna. Yang sebelumnya harus mencari kertas rekam medis warga binaan satu persatu, sekarang tinggal men-tap barcode yang ada pada kartu berobat. Dengan demikian petugas kesehatan dapat memberikan layanan yang optimal kepada warga binaan.

BACA JUGA  Alharis Jalan Kaki Hadiri Resepsi Puncak satu Abad NU.

Seminar aksi perubahan dan pameran inovasi terhadap masing-masing aksi perubahan. digelar di Auditorium Hasanuddin Lt. 1 Puslatbang KMP LAN Makassar, Kamis, 16 November 2023. Dalam pameran ini, setiap peserta mendesain sendiri booth yang mereka punya, begitu juga dengan I Gusti Lanang. Beliau mendesain boothnya dengan poster, X-Banner, majalah, infografis, serta menampilkan video mengenai Gita Gadis Sewarna sebagai aksi perubahannya. Tak lupa ditunjukkan pula bagaimana aplikasi ini beroperasi dan beliau juga mengenalkan makanan khas daerah ataupun produk UMKM lokal di boothnya.

BACA JUGA  Alharis Ajak Masyarakat Makmur Kan Mesjid.

Dalam pameran ini setiap peserta memakai pakaian adat daerah/nasional. I Gusti Lanang sendiri memakai pakaian adat daerah Bali. Beliau mengenakan baju safari putih, lengkap dengan kain kamen dan udeng kepala. Dengan selesainya seminar dan pameran inovasi ini yang merupakan puncak kegiatan dalam pelatihan ini, maka Pelatihan Kepemimpinan Administrator ini selesai sudah dan penutupan digelar pada Jumat, 17 November. Dalam acara penutupan ini diberikan penghargaan kepada peserta dengan kategori yang ditentukan.

I Gusti Lanang berhasil meraih dua penghargaan sekaligus. Penghargaan yang diterima ialah “The Best Content Creator” dan “The Collaborative Reformer”. Beliau berterimakasih kepada Puslatbang KMP LAN yang telah memberikan penghargaan ini dan dengan penghargaan ini semoga semakin memotivasi untuk selalu menciptakan gagasan kreatif lainnya demi pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

 

(Red ilham)

Berita Terkait

Diduga RAB Pekerjaan Jalan Beton Desa Taman Raja Mark Up Sisa Anggaran Dipertanyakan
HUT SMPN 2 Tungkal Ulu Ke-32 Dan Peresmian Logo Berlangsung Sukses
Warga Binaan di Lapas Kuala Tungkal Diberikan Pelatihan kemandirian Potong Rambut
Kalapas Kuala Tungkal Serahkan SK Remisi Kepada 18 WBP saat Natal ; Jaga Sikap dan Perilaku
Kronologis Penangkpan 2 Pelaku Pembawa 3 Kg Sabu dan Ekstasi di Kuala Tungkal
Satresnarkoba Polres Tanjabbar Bekuk 2 Pelaku dan Amankan 3 Kilogram Sabu
7 Rumah Warga Tungkal Korban Kebakaran Harapkan Perhatian Bantuan Pemerintah Daerah
Lapas Kuala Tungkal Gagalkan Penyelundupan Handphone
Berita ini 3 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:50 WIB

Suasana Penuh Makna Kalapas Kelas IIB Muara Bulian Bersama Warga Binaan Di Hari Raya Idul Adha 1445 H

Minggu, 16 Juni 2024 - 16:45 WIB

Pelaku Pembunuhan Terhadap Gadis Cantik Di Kosan Sinar Berkah Berhasil Ditangkap.

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:14 WIB

Angkasa Pura II Peduli Bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Bandara STS  

Jumat, 14 Juni 2024 - 09:36 WIB

Dihari Pertama, Satgas Tindak Ops Jaran Berhasil Ungkap Kasus Tindak Pidana Penggelapan

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:53 WIB

Danrem 042/Gapu : Baksos wujud kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:45 WIB

Seorang Petani Menjadi Kurir Dengan Barang Bukti 2 Kg Sabu Ditangkap Tim Bid Brantas BNNP Jambi Di Kabupaten Bungo

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:11 WIB

Diduga RAB Pembangunan Desa Pulau Pauh Mark Up Sisa Anggaran Perlu Dipertanyakan

Jumat, 14 Juni 2024 - 05:37 WIB

Diduga Pemdes Muara Danau Kangkangi UU no 14 tahun 2008 dan UU no 6 tahun 2014

Berita Terbaru