Diresmikan Presiden Jokowi, Tol Baleno Beroperasi Tahun Ini, Kepala BPJN : Menunggu Kelengkapan Administrasi

Ilhamsyah

- Penulis

Rabu, 16 Oktober 2024 - 19:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAMBI,MA – Setelah dilakukan pengerjaan melalui tahapan panjang, sesi satu hingga sesi Tiga akhirnya rampung yang mana koneksivitas antara Jambi menuju Sumatera Selatan semakin dekat.

Jalan tol Bayung Lencir – Tempino (Baleno) tersebut diresmikan langsung oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo di Gerbang Tol Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada Rabu (16/10).

Diresmikannya jalan tol Seksi 3 Bayung Lencir – Tempino sepanjang (34 km) tersebut merupakan Jalan tol pertama di Provinsi Jambi yang merupakan bagian Ruas Betung (Simpang Sekayu) – Tempino – Jambi.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain meresmikan jalan tol Bayung Lencir – Tempino , Presiden Jokowi juga meresmikan  Ruas Indrapura – Kisaran Seksi 2 Lima Puluh – Kisaran (32,15 km).

Dengan tambahan dua jalan tol tersebut menunjukkan komitmen PT Hutama Karya  dalam memperkuat infrastruktur nasional terutama di Tol Trans Sumatera (JTTS).

Disampaikan Orang Nomor Satu di Indonesia tersebut bahwa, jalan tol tidak sepenuhnya dibangun oleh swasta dan didanai oleh sektor swasta. Namun, banyak jalan tol yang dibangun oleh BUMN dan juga melalui anggaran APBN.

BACA JUGA  Tak Ikuti Aturan Angkutan Truk Batubara Masih Ngeyel Lebihi Tonase, Dirlantas Polda Jambi : Kami Hentikan Sementara Waktu

“ Dengan adanya jalan tol, khususnya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), diharapkan mampu mempercepat mobilitas barang, orang, dan distribusi logistik, sehingga setiap daerah di Indonesia dapat bersaing dengan daerah-daerah di negara lain, mengingat persaingan antar negara sangat ketat, “ kata Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan.

Presiden juga menyebutkan, Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino Seksi 3 di Provinsi Jambi ini dibuat sepanjang 34 km dan telah selesai dibangun dengan anggaran sebesar 5,6 triliun rupiah.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jambi Ibnu Kurniawan saat diwawancarai menyebutkan beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan Uji Laik Fungsi Jalan (ULFJ) tol Bayung Lencir Tempino (Baleno Seksi 3) sebelum diresmikan Pak Presiden.

BACA JUGA  Perkuat Sinergisitas, Polri dan Jurnalis Gelar Seven Soccer

“ Alhamdulillah, hari ini Pak Presiden telah meresmikan Jalan Tol Baleno yang disaksikan anggota DPR RI Dapil Jambi H Bakri bersamaan Ruas Indrapura – Kisaran Seksi 2 Lima Puluh – Kisaran (32,15 km), “ ujarnya, Rabu (16/10/24).

Untuk kapan bisa dioperasionalkan, Ibnu Kurniawan menjelaskan bahwa jalan tol ini belum dioperasionalkan karena masih menunggu kelengkapan administrasi sehingga bisa digunakan.

“ Nantinya, jalan tol ini ketika Administrasi telah lengkap jalan tol sudah bisa di operasionalkan dan tidak ada uji coba tapi tarif nol sampai keluar SK tarif tol,” lanjutnya.

Sedangkan untuk taris tol sendiri, Kepala BPJN menambahkan masih dalam pembahasan sehingga nominalnya sesuai dengan pembahasan yang disepakati.

Sebelumnya, Ibnu menyebutkan bahwa Tol Baleno seksi 3 paling sedikit yang dikoreksi, dan dilapangan rekomendasinya sudah hampir siap dikerjakan, rekomendasinya termasuk gampang dikerjakan. Untuk Baleno seksi 3 ini, rekomendasinya tidak sebanyak hasil ULFJ di tempat lain (tol lainnya di Indonesia).

BACA JUGA  Kapolri Disematkan Jadi Warga Kehormatan Marinir, Sinergitas TNI-Polri Makin Kokoh

Hasilnya penilaian tim pengerjaan baik dan hanya sedikit rekomendasi yang diberikan. Hal itu membuktikan pekerjaan yang dilakukan di tol yang melintasi Jambi itu termasuk yang terbaik di Indonesia.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi Ibnu Kurniawan juga mengatakan rekomendasi ULFJ tak signifikan dan termasuk ringan untuk di laksanakan.

“ Rekomendasi ULFJ itu seperti terkait penerangan lampu jalan, rambu jalan yang digeser ke tempat yang lebih akurat, pembersihan drainase yang kotor, tutup drainase yang hilang karena dicuri, serta pemasangan barier untuk membatasi jalur ke ruas tol seksi 4 yang saat ini tengah dikerjakan,” sambungnya.

Tahapan sejauh ini administrasi tengah dirampungkan dan sedang menunggu surat dari Kementerian Perhubungan untuk nantinya akan didapatkan SK Operasional dari Menteri PUPR.

 

 

 

(Red Ilham)

Berita Terkait

Pjs. Gubernur Sudirman: Pemprov Jambi Sangat Mendukung Pembangunan dan Kemajuan Seluruh Kabupaten dan Kota
Polda Jambi menggelar apel konsolidasi Operasi Mantap Brata 2023-2024
Pjs. Gubernur Sudirman Siapkan Sinergitas Pembinaan Satuan Karya Pramuka (SAKA) Dalam Jajaran Kwarda Jambi
Pengoperasian Jalan Tol Betung – Tempino – Jambi Seksi 3 (Segmen Bayung Lencir – Tempino) Tanpa Tarif Mulai 17 Oktober 2024, Catat Begini Ketentuannya
Pjs. Gubernur Sudirman: Hasil Penelitian Fapet Wujudkan Ketahanan dan Kemandirian Pangan
Hadiri Peringatan HUT Ke-25 Kabupaten Tebo, Pjs. Gubernur Sudirman: Peringatan Ulang Tahun Momentum Evaluasi
Polda Jambi Gelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Siginjai 2024, Ini Sasarannya
Tim gabungan Ditresnarkoba Polda Jambi berhasil amankan satu orang wanita berinisial H yang diduga bos jaringan Narkoba di Jambi.
Berita ini 10 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 22 Oktober 2024 - 11:53 WIB

Spanduk Alat Peraga Kampanye (APK) Milik Calon Bupati Muaro Jambi,Zuwanda& Sawal, dirusak Oleh Pihak Yang Tidak Bertanggung Jawab.

Senin, 21 Oktober 2024 - 21:59 WIB

Jailani: Kemenangan Nalim-Nilwan Harga Mati Buat Masyarakat Tabir

Senin, 21 Oktober 2024 - 21:49 WIB

Calon Bupati Muaro Jambi No Urut Dua Zuwanda meninjau lokasi petani sayur di Desa Talang Kerinci, Kecamatan Sungai Gelam

Senin, 21 Oktober 2024 - 16:40 WIB

Wakapolresta Jambi Pimpin Pemakaman Jenazah Almarhum Kombes Pol (Purn) Lukman Djafri.

Senin, 21 Oktober 2024 - 12:21 WIB

Ncu Nilwan Unjuk Basis, Massa Sungaimanau Lamo Membludak

Senin, 21 Oktober 2024 - 11:12 WIB

Kapolresta Jambi Pimpin Apel Konsolidasi Operasi Mantap Brata-2024.

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 09:37 WIB

Tomas Tabir Timur Berharap Perbaikan Jalan, Jika Nalim-Nilwan Terpilih di Pilkada Merangin

Jumat, 18 Oktober 2024 - 05:44 WIB

Penyerahan Tugas Jabatan Kasat Resnarkoba Kepada Kapolresta Jambi.

Berita Terbaru