Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin bersama istri Wurry Ma’ruf Amin hadir dalam kegiatan pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jambi

Ilhamsyah

- Penulis

Kamis, 4 Mei 2023 - 19:40 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

KBRN,Jambi,MA-Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin bersama istri Wurry Ma’ruf Amin hadir dalam kegiatan pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jambi, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (4/5/2023).

Menurut Wapres, Ditengah perlambatan ekonomi global, patut disyukuri bahwa nilai transaksi ekonomi syariah tetap tumbuh karena permintaan negara tetap kuat,  penguatan umat islam dunia untuk hidup halal tercatat tumbuh naik.  Untuk itu perlu konsisten mendorong agar perekonomian di tanah air tetap tumbuh, dimana salah satu langkah perkembangan ekonomi yaitu dengan membentuk KDEKS.

“Pembentukan KDEKS bagi pertumbuhan ekonomi syariah sekaligus mengakselerasi  pengembangan sesuai keberagaman potensi tiap-tiap daerah, selain jadi ujung tombak ditingkat lokal namun sinergi dan kolaborasi antar kepentingan dipusat dan di daerah, oleh itu saya mengapresiasi atas tebentuknya KDEKS di Jambi, ” kata Wapres dalam sambutannya, Kamis (4/5/2023).

Menurutnya, jumlah penduduk jambi yang sekitar 99.76 persennya beragam islam, memiliki 4.200 mesjid dan 300 pesantren tersebar di jambi menjadi modal dan potensi provinsi Jambi. “terlebih budaya melayu Jambi juga sangat kental dengan adat istiadat dan keseharian islami sejatinya adalah potret hiduo halal yang dapat dikembangkan tanpa mengurangi nilai adatnya, ” tambahnya.

Disampaikan Wapres, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah tidak cukup secara parsial tapi menyeluruh pada sektor halal dan dana sosial syariah, bisnis dan ekosistem infrastruktur syariah, untuk itu saya berharap KDEKS bisa mendorongnya, sehingga tidak hanya memberi kamaslahatan masyarakat tapi bisa signifikan terhadao perekonomian global.

BACA JUGA  Selama Januari hingga September tahun 2023 ini, Polres Tanjung Jabung Barat telah menangani puluhan kasus

“Untuk produk halal saya minta percepatan sertifikat halal pada UMKM dapat menjdi focus dan Jambi kaya SDA sehingga  perlu hilirisasi produk halal, di bidang jasa keuangan syariah perlu peningkatan literasi dan kemudahan akses masyarakat serta acuan variasi produk perbankan syariah, “lanjutnya.

Untuk bidang Pengembangan dana sosial syariah selain mendorong waqaf uang dan produktif, KDEKS bis  memanfaatkan potensi zakat untuk pengentasan kemiskinan ekstrem dan pemberdayaan usaha mikro kecil .

”  untuk bidang bisnis dan kewiraushaan syariah, saya mengapresiasi terselenggaranya semarak expo Jambi atau serambi tahun 2022 , sehingga agar kontinue menggandeng lebih banyak pelaku usaha UMKM dan koperasi pesantren, ” kata Wapres.

BACA JUGA  Kapolres Sarolangun Dampingi PJ Bupati Bersama Forkopimda Sarolangun Cek Tanah Longsor Di Kec. Batang Asai

Dirinya juga mengatakan sangat mengapresiasi BI dan seluruh kantor perwakilan yang giat dan konsisten terhadap pesantren sebagai pusat ekonomi masyarakat melalui HEBITREN , termasuk di Jambi.

“Terakhir saya mencatat pentingnya pengenalan syariah lewat kurikulum pendidikan, KDEKS Jambi dapat langsung bekerja untuk mengakselerasi program kerja strategis secara masif, efektif dan kesinambungan, untuk itu dengan memasukkan tema ekonomi keuangan syariah dalam RPJMD Jambi,

Saya apreasiis pemda dan pemangku daerah atas sinergi dan kontribusi membangun Jambi dan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita menjadi produsen halal terkemuka dunia, ” terang RI 2.

 

(red ilham)

Berita Terkait

Wagub Sani : Implementasikan Isra’ Mi’raj Dalam Kehidupan Sehari-hari
*Jum’at Sehat, Kodim 0415/Jambi Gowes ke Agrowisata Nanas.*
Kodim 0415/Jambi Terima Manfaat dari Program BRI Peduli TJSL.
Turun ke Pasar Angso Duo, Satgas Pangan Polda Jambi Cek Ketersediaan dan Kestabilan Harga Bahan Pokok
Wagub Sani: Rakortek Dapat Percepat Terwujudnya Kota Layak Anak di Provinsi Jambi
Jaksa Beri Materi Anti Korupsi pada Balai Jalan Nasional Jambi
Gerak Cepat Kodim 0415/Jambi Bantu Warga Korban Banjir
Unit Reskrim Polsek Jaluko Berhasil Tangkap 3 Pelaku Curanmor Satu Pelaku Residivis di hadiahi Timah Panas
Berita ini 19 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 13:59 WIB

Wagub Sani : Implementasikan Isra’ Mi’raj Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sabtu, 24 Februari 2024 - 12:46 WIB

*Jum’at Sehat, Kodim 0415/Jambi Gowes ke Agrowisata Nanas.*

Sabtu, 24 Februari 2024 - 12:22 WIB

Kodim 0415/Jambi Terima Manfaat dari Program BRI Peduli TJSL.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 12:18 WIB

Turun ke Pasar Angso Duo, Satgas Pangan Polda Jambi Cek Ketersediaan dan Kestabilan Harga Bahan Pokok

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:11 WIB

Wagub Sani: Rakortek Dapat Percepat Terwujudnya Kota Layak Anak di Provinsi Jambi

Selasa, 20 Februari 2024 - 17:35 WIB

Gerak Cepat Kodim 0415/Jambi Bantu Warga Korban Banjir

Senin, 19 Februari 2024 - 15:35 WIB

Polda Jambi menggelar syukuran pemilu aman dan damai. Acara berlangsung di gedung Siginjai, Senin (19/2/2024)

Senin, 19 Februari 2024 - 15:28 WIB

Wagub Sani: Pemprov Targetkan Angka Stunting Turun Sebesar 12 persen di Tahun 2024

Berita Terbaru