Bupati Tanjung Jabung Timur, Romy Haryanto, Selasa (7/2/23) menerima rombongan delegasi Jambi Menggapai Keadilan (JMK)

Ilhamsyah

- Penulis

Selasa, 7 Februari 2023 - 22:03 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tanjabtim,MA-Bupati Tanjung Jabung Timur, Romy Haryanto, Selasa (7/2/23) menerima rombongan delegasi Jambi Menggapai Keadilan (JMK) sebuah komunitas group diskusi via WA dengan berbagai latar belakang anggotanya seperti aktivis, akademisi, praktisi, mahasiswa, tokoh masyarakat serta mantan pejabat tinggi Jambi.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan suasana cair tersebut, Bupati menyambut positif usulan Tim JMK yang dikoordinir rekan Fiet Haryadi dan Jefri Bintara Pardede tersebut.

Meski tidak terlalu formal, diskusi yang berlangsung di ruang rapat Bupati tersebut membahas persoalan yang saat ini tengah jadi perbincangan publik, terutama di group WA JMK.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dua hal yang menjadi topik perbincangan diskusi singkat dengan orang nomor satu di Bumi Sepucuk Nibung ini yakni soal upaya pemindahan kantor pusat PetroChina ke Jambi serta soal trnsportasi batubara yang sudah mengganggu kepentingan umum.

BACA JUGA  Kepolisian Daerah Jambi melaksanakan Upacara Pembinaan Tradisi Peringatan ke-78 Hari Bhayangkara Tahun 2024 lapangan Mapolda Jambi pada Senin (01/07/2024)

Desakan JMK agar manajemen Petrochina memindahakan kantor pusatnya ke Jambi tentunya bukan tanpa alasan. Hal ini terkait dengan perpanjangan kontrak kerja Petrochina dengan SKK Migas serta hingga tahun 2043 mendatang serta Jambi adalah salah satu area pengeboran terbesar Petrochina di Indonesia.

Menanggapi usulan delegasi JMK tersebut, Romy dengan tegas mengatakan dirinya mendukung penuh, bahkan siap menjadi garda terdepan sepanjang itu untuk kepentingan Jambi.

“Saya mendukung penuh upaya kawan-kawan JMK untuk meminta pihak Petrochina memindahkan kantor pusat mereka ke Jambi,” tegasnya.

BACA JUGA  Gubernur Al Haris Beri Penjelasan Atas Capaian Pembangunan Pemprov Kepada Dewan

Upaya pemindahan kantor pusat sebuah perusahaan besar yang bergerak dibidang migas ini tenyata juga pernah dilakukan oleh masyarakat dan Pemda Riau beberapa tahun lalu dan ternyata berhasil memindahkan kantor pusat Chevron di Jakarta ke Riau.

Tentu akan banyak manfaat positifnya jika kantor pusat mereka berada di daerah yang bersangkutan. Selain mempersingkat urusan administrasi, yang lebih penting lagi adalah adanya kedekatan secara emosional antara pihak perusahaan dengan masyarakat setempat yang saling menguntungkan.

Sementara itu, untuk persoalan batubara ditanggapi oleh mantan Bupati Tanjab Barat, Usman Ermulan yang juga merupakan anggota JMK dan ikut dalam rombongan memberikan usulan menarik.

Menurutnya, jika harus membuat jalan khusus tentunya akan membutuhkan waktu yang lama dan menimbulkan persoalan baru jika menghentikan aktivitas truk batubara tersebut. Solusi alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak stockpille di sepanjang sungai untuk pembongkaran batubara tersebut, sehingga truk pengangkut batubara tersebut tidak terlalu jauh membawa batubara sampai ke pelabuhan Talang Duku. Selanjutnya batubara yang dibongkar tersebut diangkut kembali oleh ponton lewat jalur sungai menuju pelabuhan.

BACA JUGA  Mukti PJ Bupati Merangin Rombak Pejabat Eselon 3 dan 4 Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Merangin

“Memindahkan jalur transportasi lewat sungai mungkin jauh lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuat jalan khusus,” ungkapnya.

Semoga usulan dan saran yang disampaikan JMK dapat membantu Pemerintah Kabupaten dan Provinsi Jambi untuk mengambil keputusan terbaik.

(red ilham)

Berita Terkait

Gubernur Jambi Al Haris Dampingi Menteri Perdagangan Zulhas Tinjau Pasar Talang Banjar Kota Jambi
Gubernur Al Haris Terima Penghargaan Bintang Abhinaya Jagadhita dari Dekopin
Wakapolresta Jambi Pimpin Latpra Ops Patuh-2024.
Dandim 0415/Jambi Sambut Kunjungan Kerja Tim Dalproggar TNI-AD di Kodim 0415/Jambi.
Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Pimpin Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan dan Pembentukan Bintara(Diktukba) Polri
Pelaku Pencurian Dengan Pemberatan Di Kecamatan Jambi Selatan Berhasil Ditangkap.
Komitmen Berantas Peredaran Barang Terlarang, Kalapas Kuala Tungkal dan Jajaran Lakukan Penggeledahan Blok Hunian WBP
Lomba Buka Gembok, Lapas Kuala Tungkal Latih Kesigapan Petugas.
Berita ini 127 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 13 Juli 2024 - 14:27 WIB

Gubernur Jambi Al Haris Dampingi Menteri Perdagangan Zulhas Tinjau Pasar Talang Banjar Kota Jambi

Jumat, 12 Juli 2024 - 19:12 WIB

Gubernur Al Haris Terima Penghargaan Bintang Abhinaya Jagadhita dari Dekopin

Jumat, 12 Juli 2024 - 19:00 WIB

Wakapolresta Jambi Pimpin Latpra Ops Patuh-2024.

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:37 WIB

Dandim 0415/Jambi Sambut Kunjungan Kerja Tim Dalproggar TNI-AD di Kodim 0415/Jambi.

Kamis, 11 Juli 2024 - 20:58 WIB

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Pimpin Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan dan Pembentukan Bintara(Diktukba) Polri

Kamis, 11 Juli 2024 - 16:00 WIB

Diskominfo Provinsi Jambi Gelar Bimtek Desain Grafis Perkuat Publikasi Konten Media Informasi dan Komunikasi Visual

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:00 WIB

Gerak Cepat Polsek Telanaipura Tanggapi Laporan Masyarakat.

Rabu, 10 Juli 2024 - 16:18 WIB

Wagub Sani Apresiasi Kemeriahan MTQ XVI Muara Papalik

Berita Terbaru

Jambi

Wakapolresta Jambi Pimpin Latpra Ops Patuh-2024.

Jumat, 12 Jul 2024 - 19:00 WIB