Gubernur Al Haris : Jangan Pernah Berhenti Untuk Berinovasi

Ilhamsyah

- Penulis

Jumat, 11 Agustus 2023 - 09:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jambi,MA-(Diskominfo Provinsi Jambi) – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH berpesan kepada mahasiswa dan pelajar yang mengikuti Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023 agar jangan pernah berhenti untuk berinovasi karena inovasi adalah bagian dan cara kita merubah mindset pola pikir untuk jadi orang yang berhasil dan bisa berkembang dimasa mendatang. Pesan tersebut disampaikan Gubernur saat menutup kegiatan Apresiasi dan Penganugerahan Pemenang Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023, bertempat di Aula Balitbangda Provinsi Jambi, Kamis, (10/08/2023). Kegiatan Lomba Inovasi Produk Daerah tahun ini mengusung tema “Aksi Kreatif dan Inovatif Dalam Meningkatkan Nilai Tambah Produk Lokal”.

Dikatakan Gubernur Al Haris, melalui ajang kompetisi seperti Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023, bisa menjadi media dalam menumbuhkembangkan inovasi di Provinsi Jambi. “Kompetisi seperti Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023 Provinsi Jambi mempunyai cukup banyak potensi yang dikembangkan, memerlukan inovasi yang bisa menjadi media dalam menumbuhkembangkan inovasi tersebut, juga dapat melahirkan inovator-inovator yang dapat menciptakan inovasi yang menjadi solusi-solusi dalam meningkatkan perekonomian daerah, membuka lapangan pekerjaan baru bagi Masyarakat,” ujar Gubernur Al Haris.
“Saya sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023 sebagai upaya untuk meningkatkan budaya berinovasi dikalangan mahasiswa dan masyarakat umum di Provinsi Jambi,” sambung Gubernur Al Haris.
Gubernur Al Haris mengemukakan, sebagaimana diketahui bersama bahwa rendahnya nilai tambah komoditi unggulan daerah masih menjadi salah satu kendala dalam pengembangan ekonomi lokal, untuk itu perlu pendekatan kreativitas dan inovasi yang membudaya ditengah masyarakat, sebagai faktor pengungkit (leverage) ditengah pergeseran ekonomi yang berbasis industri menuju ekonomi berbasis pengetahuan. “Pada dasarnya, inovasi dapat diperoleh melalui discovery (penemuan), invensi (penciptaan, perancangan) maupun pembaharuan suatu produk dengan metode atau cara yang baru. Sehingga pada konteks ini, inovasi dapat diartikan sebagai kegiatan penelitian, pengembangan dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada kedalam produk atau proses produksi,” ungkap Gubernur Al Haris.
Gubernur Al Haris juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi terus mendorong anak-anak muda Jambi untuk melakukan inovasi. “Pemrov Jambi terus mendorong anak-anak muda Jambi untuk melakukan inovasi, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pendekatan kreativitas dan inovasi yang membudaya ditengah masyarakat terus dikembangkan sehingga terciptanya produk unggulan berbahan baku lokal yang mampu bersaing dipasar lokal dan nasional maupun internasional. Dengan kata lain bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi generasi sekarang,” ucap Gubernur Al Haris.
“Banyaknya Inovatif dari anak-anak muda sekarang yang berhasil menjuarai dunia itu adalah teman-teman kita dari aplikasi-aplikasi yang menjadi orang kaya dunia, seperti Facebook dan sebagainya. Ya, Indonesia juga ada kayak-kayak playstore, ada juga yang dari sumber lain dari sampah inovasi gitu, tapi begitu dia meledak dipakai orang banyak, nah, dia menjadi sesuatu magnet yang bernilai yang akhirnya membuka lapangan usaha baru bagi masyarakat, bagi orang-orang kita. Ini orang-orang belanja sekarang melalui aplikasi play store saja bisa menghasilkan,” tambah Gubernur Al Haris.
“Saya menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang, dengan harapan semoga kegiatan ini dapat menjadi stimulus dalam berkreativitas dan berinovasi dikalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat agar generasi kedepannya mempunyai daya saing yang kuat di Provinsi Jambi,” pungkas Gubernur Al Haris.
Pada kesempatan ini Gubernur Al Haris juga menyerahkan penghargaan berupa piala dan piagam serta uang pembinaan kepada mahasiswa dan pelajar yang meraih kemenangan pada Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023.
Sementara itu, Kepala Balitbangda Provinsi Jambi Sri Argunaini melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat, pelajar dan mahasiswa untuk berbudaya kreatif serta inovatif dalam penerapan teknologi yang dapat diimplikasikan kepada masyarakat, mendorong terciptanya produk unggulan berbahan baku lokal yang mampu bersaing dipasar lokal dan nasioanal serta memperkuat inovasi jejaring daerah masyarakat, mahasiswa dan pelajar.
Lomba Inovasi Produk Daerah Provinsi Jambi Tahun 2023 ini diraih oleh Qomariah dengan judul inovasi Pinea Eco-Paper Bag dari Universitas Jambi. Kemudian Joko Prabowo, Hariansah, Heru Irawan (Mesin pengupas kulit nanas Politeknik Jambi) serta M.Riyan Sulari, Budi Saputra, Disky Aryansha (Mesin pengupas biji pinang kering kualitas super dengan metode doubelerol).

BACA JUGA  Tonase Angkutan Batubara 19 Hingga 20 Ton, Perusahaan Tambang Terancam Dicabut Izinnya

 

(red Ilham)

Berita Terkait

Suasana Penuh Makna Kalapas Kelas IIB Muara Bulian Bersama Warga Binaan Di Hari Raya Idul Adha 1445 H
Kapolsek sungai gelam IPTU Usaha Sitepu berkurban satu ekor sapi berukuran besar Tahun 2024
Pelaku Pembunuhan Terhadap Gadis Cantik Di Kosan Sinar Berkah Berhasil Ditangkap.
Heboh Temuan Tengkorak Manusia di Sungai Batang Tebo, Diduga Bagian Kepala Korban Pembunuhan Sabtu, 15 Juni 2024
Angkasa Pura II Peduli Bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Bandara STS  
Hj. Iin Kurniasih Tekankan Pentingnya Pencegahan Kekerasan di Dunia Pendidikan
Dihari Pertama, Satgas Tindak Ops Jaran Berhasil Ungkap Kasus Tindak Pidana Penggelapan
Danrem 042/Gapu : Baksos wujud kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat
Berita ini 4 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:50 WIB

Suasana Penuh Makna Kalapas Kelas IIB Muara Bulian Bersama Warga Binaan Di Hari Raya Idul Adha 1445 H

Minggu, 16 Juni 2024 - 16:45 WIB

Pelaku Pembunuhan Terhadap Gadis Cantik Di Kosan Sinar Berkah Berhasil Ditangkap.

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:14 WIB

Angkasa Pura II Peduli Bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Bandara STS  

Jumat, 14 Juni 2024 - 09:36 WIB

Dihari Pertama, Satgas Tindak Ops Jaran Berhasil Ungkap Kasus Tindak Pidana Penggelapan

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:53 WIB

Danrem 042/Gapu : Baksos wujud kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:45 WIB

Seorang Petani Menjadi Kurir Dengan Barang Bukti 2 Kg Sabu Ditangkap Tim Bid Brantas BNNP Jambi Di Kabupaten Bungo

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:11 WIB

Diduga RAB Pembangunan Desa Pulau Pauh Mark Up Sisa Anggaran Perlu Dipertanyakan

Jumat, 14 Juni 2024 - 05:37 WIB

Diduga Pemdes Muara Danau Kangkangi UU no 14 tahun 2008 dan UU no 6 tahun 2014

Berita Terbaru