*Dihadapan Kepala BNPB, Danrem 042/Gapu Paparkan Strategi Satgas menangkal Bencana Karhutla di Prov. Jambi*

Ilhamsyah

- Penulis

Rabu, 19 Juli 2023 - 22:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jambi,MA-Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M. bersama sejumlah jajarannya menerima kunjungan Kerja Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M. ke Provinsi Jambi dalam rangka Rapat Koordinasi penanganan Karhutla. Selasa (18/07/2023).

Kunjungan Kepala BNPB pusat tersebut dikarenakan Wilayah Provinsi Jambi termasuk dari 6 daerah yang menjadi prioritas penanganan Karhutla di tahun 2023.

Pada kesempatan tersebut, di waktu yang singkat Ka BNPB RI mengunjungi Posko Karhutla di Makorem 042/Gapu, Danrem selaku Plh. Dansatgas Karhutla menjelaskan Isi data-data yang ada di posko antara lain Kondisi Wilayah Provinsi Jambi, ancaman El nino, peta sebaran titik api dan juga potensi kerawanan yang akan timbul serta mekanisme Komando pengendalian Posko satgas kepada subsatgas darat dan udara.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Setelah itu, pada pukul 19.00 WIB, Ka BNPB melanjutkan kegiatannya dengan memimpin Rakor dalam rangka penanganan Karhutla di Auditorium Rumdis Gubernur Jambi yang diawali dengan sambutan dari Gubernur Jambi. Dalam sambutannya Gubernur mengucapkan selamat datang dan terima kasih serta sangat mengapresiasi atas kunjungan kerja Ka BNPB RI di Jambi. Gubernur berharap semoga dengan dilaksanakannya Rakor ini, dapat mengatasi bahaya Karhutla di Provinsi Jambi kedepan.

BACA JUGA  *Danrem 042/Gapu Hadiri Acara Syukuran HUT Ke-77 Persit KCK Di Makodam II/Sriwijaya* Jambi,MA– Komandan

Diwaktu yang sama, Ketua DPRD Provinsi Jambi juga menyampaikan dukungannya terhadap penanganan Karhutla dengan membuat Perda No 2 tahun 2016 tentang Karhutla, menyetujui pengajuan anggaran terkait Karhutla dan lebih memprioritaskan daerah Gambut untuk penanganan Karhutla.

Kapolda Jambi juga pada kesempatannya, melaporkan kesiapan Polda Jambi dan Jajarannya dalam penanganan Karhutla dengan menggelar operasi Bina Taruna, operasi pencegahan Karhutla, menganalisis situasi update Karhutla setiap hari serta menegakkan hukum siapapun yang melakukan pelanggaran terhadap Karhutla.

Danrem 042/Gapu juga memaparkan Strategi Satgas dalam menangkal terjadinya bencana Karhutla yaitu dengan melaksanakan Sosialisasi, Inspeksi perlengkapan, latihan Kesiapsiagaan dengan stakeholder terkait, pembentukan 59 pos yang tersebar di wilayah rawan Karhutla, pembasahan lahan, patroli satgas, serta sarana yang digunakan dalam penanganan Karhutla.

BACA JUGA  PJ BUPATI MUARO JAMBI MENGHADIRI PELANTIKAN DPC APDESI MUARO JAMBI

Diakhir Paparannya Danrem menyampaikan bahwa Sinergitas antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan para pihak terkait dalam menghadapi bencana Karhutla sudah berjalan dengan sangat baik.

Pada Rakor tersebut, Kepala BNPB RI menjelaskan terkait prediksi dari BMKG Pusat tentang ancaman El Nino akan mengalami puncaknya pada bulan Agustus-September.

Lanjut beliau mengharapkan agar penanganan Karhutla di Provinsi Jambi agar lebih diperhatikan lagi dengan baik, ketersediaan air agar dipantau setiap saat dengan mengisi embung-embung air yang tersedia.

Memprioritaskan MSC secara masif, membasahi daerah-daerah gambut, antisipasi titik api jangan sampai bertambah dan meluas, lakukan penegakan hukum, serta selalu mempedomani arahan dari bapak Presiden tentang penanggulangan Karhutla, ujarnya.

BACA JUGA  Penampakan Emak-Emak dan 3 Pria Diciduk Polres Merangin Sedang Asik Beramain Judi Remi.

Diakhir pengarahannya Ka BNPB Pusat menekankan agar sumur hydrat yang sudah dibangun segera dapat beroperasi dengan baik dan maksimal, sehingga bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran tidak perlu lagi mencari sumber air untuk kegiatan pemadaman.

Sebelum mengakhiri Rakor diadakan foto bersama serta pemberian bantuan berupa pompa air, selang, nozel, Y konektor, perlengkapan APD dan fleksibel tank.

Hadir pada rapat tersebut, Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, Kajati Jambi, Sekda, Para Bupati Se-Provinsi Jambi, para PJU Korem dan Polda Jambi, para Dandim jajaran Korem 042/Gapu, para Kapolres jajaran Polda Jambi, Kalak dan Kepala BPBD Se-Prov Jambi, Ka Basarnas, Manggala Agni, Ka BMKG, serta para OPD Se-Provinsi Jambi,(Susi)

Berita Terkait

Suasana Penuh Makna Kalapas Kelas IIB Muara Bulian Bersama Warga Binaan Di Hari Raya Idul Adha 1445 H
Kapolsek sungai gelam IPTU Usaha Sitepu berkurban satu ekor sapi berukuran besar Tahun 2024
Pelaku Pembunuhan Terhadap Gadis Cantik Di Kosan Sinar Berkah Berhasil Ditangkap.
Heboh Temuan Tengkorak Manusia di Sungai Batang Tebo, Diduga Bagian Kepala Korban Pembunuhan Sabtu, 15 Juni 2024
Angkasa Pura II Peduli Bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Bandara STS  
Hj. Iin Kurniasih Tekankan Pentingnya Pencegahan Kekerasan di Dunia Pendidikan
Dihari Pertama, Satgas Tindak Ops Jaran Berhasil Ungkap Kasus Tindak Pidana Penggelapan
Danrem 042/Gapu : Baksos wujud kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat
Berita ini 3 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:50 WIB

Suasana Penuh Makna Kalapas Kelas IIB Muara Bulian Bersama Warga Binaan Di Hari Raya Idul Adha 1445 H

Minggu, 16 Juni 2024 - 16:45 WIB

Pelaku Pembunuhan Terhadap Gadis Cantik Di Kosan Sinar Berkah Berhasil Ditangkap.

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:14 WIB

Angkasa Pura II Peduli Bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Bandara STS  

Jumat, 14 Juni 2024 - 09:36 WIB

Dihari Pertama, Satgas Tindak Ops Jaran Berhasil Ungkap Kasus Tindak Pidana Penggelapan

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:53 WIB

Danrem 042/Gapu : Baksos wujud kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:45 WIB

Seorang Petani Menjadi Kurir Dengan Barang Bukti 2 Kg Sabu Ditangkap Tim Bid Brantas BNNP Jambi Di Kabupaten Bungo

Jumat, 14 Juni 2024 - 06:11 WIB

Diduga RAB Pembangunan Desa Pulau Pauh Mark Up Sisa Anggaran Perlu Dipertanyakan

Jumat, 14 Juni 2024 - 05:37 WIB

Diduga Pemdes Muara Danau Kangkangi UU no 14 tahun 2008 dan UU no 6 tahun 2014

Berita Terbaru