Alharis Panen Cabe Mementum Pembangunan Pertanian.

Ilhamsyah

- Penulis

Rabu, 23 November 2022 - 22:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Betara,MA-(Diskominfo Provinsi Jambi) – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mengemukakan, kegiatan panen cabai merah merupakan salah satu momentum dalam pembangunan pertanian di Provinsi Jambi. Hal tersebut dikemukakan Al Haris pada Panen Cabai dan Penyerahan Bantuan Intensifikasi Cabai Merah, yang berlangsung di Desa Lubuk Terentang Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (22/11/2022).

 

“Panen hari ini menjadi momentum pembangunan sektor pertanian, khususnya dalam meningkatkan produksi cabai merah di Provinsi Jambi yang memotivasi para petani serta memberikan manfaat dan dampak besar terhadap peningkatan kinerja sektor pertanian secara umum, ditandai dengan meningkatnya produktivitas pertanian, yang bermuara pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani beserta keluarganya,” ujar Al Haris.

 

Al Haris memberikan apresiasi kepada kelompok tani di Betara yang tetap menanam cabai ditengah kenaikan bahan bakar minyak, kenaikan harga pupuk dan sarana produksi lainnya serta tingginya risiko iklim yang menyebabkan serangan hama penyakit sehingga mengancam tanaman cabai tetapi para petani tetap mengupayakan dengan maksimal.

 

Al Haris menuturkan, pencapaian terhadap kebijakan pembangunan di subsektor hortikultura akan terus berhadapan dengan kompleksitas permasalahan dan tantangan dalam pengembangannya saat ini, meliputi stabilitas produksi, peningkatan produktivitas, kehilangan hasil yang tinggi. Kondisi ini berpengaruh terhadap fluktuatif harga komoditas pertanian, khususnya hortikultura yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap ekonomi mesyarakat pada umumnya.

BACA JUGA  Ekayanundri Selaku Kepala Desa Pinang Gading Menyalurkan BLT Tiga Bulan DD,Oktober,November,Desember Kepada Masyarakat.22/11/2022

 

“Pemerintah Daerah berkomitmen untuk menjalankan program dan kegiatan yang dapat berdampak langsung kepada petani dan masyarakat. Penyaluran bantuan pemerintah menjadi ujung tombak dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi, karena dapat menggerakkan roda perekonomian petani,” tutur Al Haris.

 

Al Haris mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi memberikan bantuan Intensifikasi Budidaya Cabai Merah untuk mengamankan produksi cabai yang sedang diusahakan oleh petani, berupa bantuan pupuk dan obat-obatan untuk meningkatkan produktivitas, sedangkan Gerakan Pengendalian (GERDAL) untuk mengamankan pertanaman cabai dari serangan hama penyakit dan kegagalan panen.

BACA JUGA  Satgas TMMD Kodim 0416/Bute Persiapan Menyambut Tim Wasev Pusat*

 

“Kita harapkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi kepada petani dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan produksi, produktivitas, dan kontinuitas ketersediaan pasokan cabai merah di Provinsi Jambi. Kita terus berupaya memberikan kontribusi maksimal dan kinerja terbaik sesuai peran dan tugas pokok dan fungsi, untuk membangun dan mendukung keberhasilan pertanian di Provinsi Jambi, khususnya sektor tanaman pangan (padi, jagung dan kedelai), maupun hortikultura (cabai dan bawang merah),” ungkap Al Haris.

 

(Ilham)

 

Berita Terkait

Provinsi Jambi Salurkan Bantuan Pangan dari Pemerintah Pusat, Gubernur Al Haris : Ini Membantu Masyarakat
*Kodim 0415/Jambi aktif Pantau Wilayah dan Pemukiman Rawan Banjir.*
Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono memimpin apel pagi personel pada hari pertama kerja di lapangan apel Mapolda Jambi Senin, 26 April 2023
Gerbek Sebuah Gubuk, Satu Wanita Muda Ditangkap Polisi, BB nya Lumayan Banyak
Gubernur Jambi Lantik 54 Pejabat Eselon III,
Gubernur Jambi Bersama Ketua Kormi Provinsi Jambi Memberikan Bonus Kepada Peraih Medali Di Fornas IV 2021 Sumatera Selatan 2022
Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono bersama Wakil Gubernur Jambi Drs H Abdullah Sani, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Kasrem 042 Gapu dan unsur Forkompimda menyambangi beberapa Gereja pada perayaan Malam Misa Natal, Sabtu malam (24/12/22).
Wakapolres Sarolangun Hadiri Rapat Koordinasi Sentra Penegakkan Hukum Terpadu
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 17 April 2024 - 13:00 WIB

Hari Pertama Masuk Kerja, Gubernur Al Haris Gelar Halal Bihalal dengan Ratusan Pegawai Pemprov Jambi

Rabu, 17 April 2024 - 12:46 WIB

Kapolresta Jambi Pantau Pelaksanaan Verifikasi Berkas Penerimaan Anggota Polri T.A.2024.

Selasa, 16 April 2024 - 11:55 WIB

Ops Ketupat 2024, Petugas Pos Pelayanan Aurduri 1 Lakukan Gatur Lalin.

Senin, 15 April 2024 - 14:03 WIB

Propam Polresta Jambi Lakukan Pengawasan Personil Pengamanan Tempat Wisata dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024.

Minggu, 14 April 2024 - 16:57 WIB

Pantau Langsung Arus Lalulintas dan Cek Pos Pam Jalur Kerinci-Jambi, Dirlantas Polda Jambi: Cukup Padat dan Terkendali

Selasa, 9 April 2024 - 18:01 WIB

Pelaku Pengeroyokan Mahasiswa di Telanaipura Diamankan, Kapolresta Jambi Sampaikan Kronologi Kejadian

Senin, 8 April 2024 - 14:10 WIB

Waka Polresta Jambi Dampingi Pj. Walikota Sidak Ketersediaan, Distribusi Komoditi Pangan Pokok dan Strategis di Pasar Wilayah Kota Jambi.

Senin, 8 April 2024 - 12:03 WIB

Pelaku Pencabulan di Batanghari Berhasil Diamankan oleh Satreskrim Polres Batanghari

Berita Terbaru