Wamentan : Pemerintah Mitigasi dengan Hilirisasi Produk “Meja” Agar Petani Tetap Bekerja

Ilhamsyah

- Penulis

Rabu, 23 Agustus 2023 - 07:36 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tanjabbar,MA-Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia Harvick Hasnul Qolbi dan Sekretaris Jenderal Serikat Tani Islam Indonesia H Iqbal Sayuti beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi, Selasa (22/8/23).

Kedatangan Wamentan Harvick ke dan rombongan disambut secara langsung oleh Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat H Anwar Sadat, Wakil Bupati H Hairan para Unsur Forkopimda dan OPD terakit di Masjid Syekh Ustman Kuala Tungkal.

Bupati H Anwar Sadat menyampaikan ada beberapa komoditi unggulan yang dikembangkan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yaitu Kelapa Dalam dengan luas tanam 51.539 Hektar, Pinang seluas 13.645 Hektar, Kopi Liberika 2.869 Hektar, Kelapa Sawit 75.997 Hektar dan Karet 7.388 Hektar.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

” Pada sub sektor perkebunan masalah yang dihadapi saat ini adalah penurunan harga yang sangat tajam dalam 2 (Dua) Tahun terakhir khususnya pada komoditi Kelapa dalam dan Pinang,” ungkap Bupati didepan Wamentan.

BACA JUGA  Antisipasi Kecelakaan, Personil Satlantas Polresta Jambi Survey Jalan Berlubang

Bahkan saat ini di Tingkat Petani kata Bupati, harga Kelapa dalam hanya berkisar Rp 1.000,- per butirnya. Sedangkan biji pinang kering hanya mampu dijual Petani pada harga Rp3.000,- hingga Rp 5.000,- per kilogram, dimana sebelumnya mencapai diatas Rp20.000,- per Kilogram.

” Akibat rendahnya harga jual dua komoditi tersebut, berdampak serius pada penurunan daya beli Petani di Tanjung Jabung Barat di Pasar-Pasar di Wilayah Hilir Kabupaten,” ungkap Bupati.

Bupati menyebutkan, permasalahan di sektor pertanian terutama rendahnya harga jual beberapa komoditi perkebunan diatas telah didiskusikan baik di Tingkat Kabupaten maupun di Tingkat Provinsi.

BACA JUGA  PJ BUPATI MUARO JAMBI SIDAK KEPASAR TRADISIONAL SENGETI

” Besar harapan kami melalui Pak Wamentan, permasalahan ini dapat dikaji dan mendapat perhatian secara Nasional,” katanya.

Gayung bersambut dengan apa yang disampaikan Bupati, Wakil Mengerti Pertanian Republik Indonesia Harvick Hasnul Qolbi menyebutkan, dirinya berada di Kabupaten Tanjung Jabung berada di tengah-tengah Kebun Kelapa dalam, yang beberapa waktu ini harganya cukup turun.

” Harga ekspornya kalau dari sini ke Malaysia. Pemerintah memberikan bantuan memitigasi permasalahan ini. Karena memang daya belinya sendiri di Malaysia menurun,” katanya.

Wamentan menyebutkan, sehubungan dengan permalasahan yang dihadapi untuk menggairahkan agar Petani tidak kehilangan mata pencaharian, Pemerintah melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya Hilirisasi.

” Kalau kemarin lebih banyak ekspor, sekarang Pemerintah melalui berbagai instrumen yang ada berupaya membeli secara utuh, juga untuk pemasaran di dalam negeri menyeimbangkan harganya,” jelasnya.

BACA JUGA  Tinjau 91 Command Center, Kapolri dan Panglima TNI Pastikan Kesiapan Personel Jelang KTT ASEAN

Menurutnya Hilirisasi penting sekali artinya memang ada juga kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya masih berupa produk-produk di Hulu.

” Jika di Hilirisasi ini penting, bagaimanapun juga produknya kalau istilah kami di Kementerian Pertanian Produk Meja bisa langsung sampai dimasyarakat yang otomatis menjadi nilai tambah baik disisi Petani, Peternak Pekebun,” katanya.

Dengan demikian sambung Wamentan Harvick Hasnul Qolbi Pemerintah bisa segera tahu harga eceran tertinggi yang pas dimana.

Termasuk anjloknya harga Pinang?, Wamentan Harvick menyebutkan soal anjloknya harga bukan di sektor pangan saja tapi sektor energi lain.

” Jadi yang bisa kita lakukan adalah bagaimana kita menjaga ini tetap stabil dengan upaya-upaya pembelian secara langsung menyerap lebih banyak daripada ekspor,” katanya.(red Ilham)

Berita Terkait

Komitmen Berantas Peredaran Barang Terlarang, Kalapas Kuala Tungkal dan Jajaran Lakukan Penggeledahan Blok Hunian WBP
Lomba Buka Gembok, Lapas Kuala Tungkal Latih Kesigapan Petugas.
Wagub Sani Apresiasi Kemeriahan MTQ XVI Muara Papalik
181 Kades Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun
Heboh Guru TK Diminta Kembalikan Uang 75 Juta, Gubernur Al Haris: Ada Miss Administrasi
Polres Muaro Jambi gelar Press Release Pemusnahan Barang Bukti Narkotika Jenis Shabu seberat 98,5 gram dan Pil Ekstasi sebanyak 60 Butir
Polres Muaro Jambi menggelar Upacara dan Syukuran Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-78
Pemasangan Sepanduk Pembekuan dan Pemberian tanda Tapal Batas Antara Koperasi BAM dengan Kelompok Tani Karya Makmur Di Sungai Gelam Berlangsung Aman, Lancar Dan Tertib
Berita ini 11 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 13 Juli 2024 - 14:27 WIB

Gubernur Jambi Al Haris Dampingi Menteri Perdagangan Zulhas Tinjau Pasar Talang Banjar Kota Jambi

Jumat, 12 Juli 2024 - 19:12 WIB

Gubernur Al Haris Terima Penghargaan Bintang Abhinaya Jagadhita dari Dekopin

Jumat, 12 Juli 2024 - 19:00 WIB

Wakapolresta Jambi Pimpin Latpra Ops Patuh-2024.

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:37 WIB

Dandim 0415/Jambi Sambut Kunjungan Kerja Tim Dalproggar TNI-AD di Kodim 0415/Jambi.

Kamis, 11 Juli 2024 - 20:58 WIB

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Pimpin Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pendidikan dan Pembentukan Bintara(Diktukba) Polri

Kamis, 11 Juli 2024 - 16:00 WIB

Diskominfo Provinsi Jambi Gelar Bimtek Desain Grafis Perkuat Publikasi Konten Media Informasi dan Komunikasi Visual

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:00 WIB

Gerak Cepat Polsek Telanaipura Tanggapi Laporan Masyarakat.

Rabu, 10 Juli 2024 - 16:18 WIB

Wagub Sani Apresiasi Kemeriahan MTQ XVI Muara Papalik

Berita Terbaru

Jambi

Wakapolresta Jambi Pimpin Latpra Ops Patuh-2024.

Jumat, 12 Jul 2024 - 19:00 WIB