JMK: Relokasi ke Jambi Kantor Pusat PetroChina Indonesia

Ilhamsyah

- Penulis

Sabtu, 4 Februari 2023 - 16:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jambi,MA-Mengawali eksistensi Forum Diskusi Jambi Menggapai Keadilan (JMK) kembali melakukan kunjungan kerumah tokoh masyarakat Jambi, Usman Ermulan yang berada dikawasan Pattimura, Simpang Rimbo, Kota Jambi, Sabtu (4/2/2023).

Kunjungan silaturrahmi itu digawangi oleh pentolan JMK yakni Fier Har Yadi, Ritas Mairiyanto, Wak Jenggot, Jepri Bintara Pardede dan dr. Noviardi yang disambut langsung oleh Mantan Bupati Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) dua priode itu.

Tidak hanya itu, diskusi yang begitu hangat dan mencair itu juga dihadiri oleh Prof. As’ad Isma yang merupakan Wakil Rektor UIN STS Jambi, anggota DPRD Provinsi Jambi di Komisi IV Fadli Sudria dan anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019, Muhammadiyah.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam diskusi itu, Fiet mengaku JMK merupakan forum diskusi intelektual yang akan membahas isu kedaerahan yang laik untuk diangkat menjadi isu Nasional. Maka dari itu, ia berharap JMK yang dulunya sempat menjadi forum diskusi tersohor pada masanya kembali mendapat dukungan luas bagi masyarakat Jambi.

BACA JUGA  AL HARIS INGATKAN SOPIR ANGKUTAN BATUBARA PATUHI ATURAN

Diantara isu itu, JMK mengutarakan beberapa persoalan felik yang menjadi agenda, selain persoalan angkutan batu bara yang kini sedang hangat diperbincangkan JMK juga berharap keberadaan kantor PT. PetroChina berada di tanah ‘Sepucuk Jambi Sembilan’.

Alasan pemindahan itu sangat sederhana. Namun, berdampak kepada kepentingan masyarakat luas di Jambi terutama soal penyerapan informasi dan ketenagakerjaan diperusahaan yang bergerak dibidang pengeboran minyak tersohor di Jambi itu.

Menanggapi itu, Usman Ermulan yang merupakan mantan DPR RI tiga priode itu mengafresiasi langkah baik yang dilakukan oleh JMK untuk kepentingan masyarakat Jambi. Maka dari itu, ia berharapa forum diskusi JMK terus eksis yang memberi kontribusi terhadap pembangunan di Jambi.

“Saya sangat mendukung ide dan gagasan Forum JMK ini, ini merupakan sebuah isu yang harus diperjuangkan. Saya sepakat jika Petrochina berkantor di Jambi,” ujarnya dengan penuh dukungan kepada JMK, Sabtu (4/2/2023).

BACA JUGA  Kejuaraan Nasional Tenis Gubernur Cup 2023 Dibuka Gubernur, Ini Harapan Bahari Panjaitan

Karena kata dia, banyak manfaat jika pihak Petrochina berada atau berkantor di tanah Jambi. Kendati demikian katanya, persoalan itu harus memiliki komitmen dan kerja yang baik agar tujuan tersebut terwujud baik diinternal JMK maupun di luar internal.

“Teruskan perjuang ini demi masyarakat Jambi, saya sebagai masyarakat Jambi sangat mendukung ide dan gagasan ini. InsyAllah terwujud,” kata dia.

Tidak hanya itu, ia juga menceritakan keberhasilan kepemipinan Alm. Zulkifli Nurdin. Pada masanya, Zulkifli Nurdin mampu membawa PTPN VI berkantor di Jambi. Begitupun ia berharap, pada masa kepemimpinan Al Haris mencatat sejarah bahwa keberadaan kantor Petrochina berada di Jambi.

“Harus kita dukung dan support. Yang mendukung dan mendorong itu (kantor Petrochina berada di Jamb) harus dari kawan-kawan JMK,” ujarnya.

Disisi lain, soal carut marut angkutan transportasi Batu-bara di Jambi yang kini semakin menjadi-jadi. Usman Ermulan juga sepakat jika JMK getol menyuarakannya, ia pun sepakat dengan JMK jika solusi yang tepat untuk angkutan batu bara dialihkan kealiran Sungai Banghari.

BACA JUGA  Askot PSSI Jambi Gelar Lomba Meriahkan Hari Kemerdekaan

Menurutnya, mau tidak mau persoalan angkutan batu bara harus menempuh transportasi air. Karena, menurutnya selain mengurai kemacetan jalan darat yang selalu menimbulkan polemik ditengah masyarakat transportasi air lebih ekonomis dibanding angkutan darat.

“Dengan angkutan sungai nantinya juga akan tercipta peluang ekonomi baru. Nah, bagi ibu-ibu yang berada dialiran sungai Batanghari bisa berusaha dengan berjualan, mungkin jualan nasi gemuk lontong kepada ponton-ponton yang lalulalang melintas,” sebutnya.

Begitupun Prof. As’ad Isma juga senada dengan Usman Ermulan terkait isu yang dibawa oleh JMK untuk meminta PT. PetroChina berkantor di Jambi. Menurutnya, dengan berkantornya Petrochina di Jambi akan lebih memudahkan masyarakat Jambi untuk menyampaikan aspiras secara langsung.

 

(red ilham)

Berita Terkait

Tindakan Tegas Ditpolairud Polda Jambi, Lakukan Penyelidikan Hingga Tetapkan Tersangka
Terkait Tongkang Tabrak Jembatan, BPJN Jambi Sebut Masih Aman Dilalui dan Minta PPTB lakukan Perbaikan
Gerebek Satu Rumah dan Base Camp Narkotika, Tim Gabungan Operasi Antik Polda Jambi Temukan Alat Hisap
Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri
Wagub Sani Apresiasi Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional, Bantu Petani Dengan Ilmu Pengetahuan
Diduga Jadi Tempat Penimbunan BBM Ilegal, 9 Gudang di Kota Jambi Dilakukan Pengecekan.
Miliki SK Menteri LHK, Dishut Jambi: Kelompok Tani Karya Makmur Berhak Mengelola Lahan
Gubernur Al Haris: UT Pelopor Pendidikan Jarak Jauh dan Merdeka Belajar
Berita ini 39 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 11:22 WIB

Tindakan Tegas Ditpolairud Polda Jambi, Lakukan Penyelidikan Hingga Tetapkan Tersangka

Jumat, 17 Mei 2024 - 11:12 WIB

Terkait Tongkang Tabrak Jembatan, BPJN Jambi Sebut Masih Aman Dilalui dan Minta PPTB lakukan Perbaikan

Jumat, 17 Mei 2024 - 11:07 WIB

Gerebek Satu Rumah dan Base Camp Narkotika, Tim Gabungan Operasi Antik Polda Jambi Temukan Alat Hisap

Kamis, 16 Mei 2024 - 13:14 WIB

Wagub Sani Apresiasi Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional, Bantu Petani Dengan Ilmu Pengetahuan

Rabu, 15 Mei 2024 - 17:17 WIB

Miliki SK Menteri LHK, Dishut Jambi: Kelompok Tani Karya Makmur Berhak Mengelola Lahan

Rabu, 15 Mei 2024 - 15:49 WIB

Gubernur Al Haris: UT Pelopor Pendidikan Jarak Jauh dan Merdeka Belajar

Rabu, 15 Mei 2024 - 15:39 WIB

Para pekerja proyek pembangunan tidak menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Rabu, 15 Mei 2024 - 13:28 WIB

Diduga Beberapa Kades Kecamatan Taman Rajo Berurusan Dengan Tipikor

Berita Terbaru